INDUSTRI TELEMATIKA INDONESIA

1. UMUM
a. Perekonomian dunia telah menuju kearah era ekonomi digital atau informasi sehingga Industri Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) diberbagai negara menjadi pilar utama dalam penumbuhan sektor-sektor perekonomian.
b. Sejak tahun 1976 Indonesia sesungguhnya telah memasuki era modernisasi telekomunikasi karena pada saat itu Indonesia merupakan pionir di Kawasan ASEAN yang memiliki system satelit komunikasi satelit. Peralatan satelit tersebut merupakan awal dari perkembangan informasi, telekomunikasi dan multimedia.
c. Berbagai kendala telah menjadi penyebab ketidak mampuan Indonesia mempertahankan kedudukannya sebagai pionir telematika meskipun hanya di kawasan ASEAN.
d. Iindustri telematika saat ini berkembang sangat pesat di dunia dengan pertumbuhan 6,9 % per tahun dimana pada 2004 impor dunia mencapai US$ 533 milyar, sedangkan Indonesia sendiri pasar sektor ini baru mencapai sekitar US$ 1,3 milyar dengan pertumbuhan tanun 2004 sebesar 9,8 % .
e. Kondisi pasar dunia yang besar, Indonesia dapat memanfaatkan peluang dalam penggunaan telematika baik untuk kebutuhan domestik maupun global

2. PERMINTAAN DAN PENAWARAN TELEMATIKA
a. Pasar Dunia dan Regional
Nilai impor telematika didunia sebesar US$ 533 milyar ( 2004 ) dengan pertumbuhan rata rata 6,9 % pertahun. Sedangkan pasar asia sebesar US$ 42 Milyar dengan pertumbuhan 23,5 % pertahun yang didukung oleh pertumbuhan pasar India 21,7 %, Vietnam 16 %, China 14,9 % dan Indonesia 12,2 %.
Ekspotir utama telematika dunia adalah Amerika, Jerman, Singapura, India dan Jepang.
Pasar Domestik :
Pangsa pasar domestik telematika untuk tahun 2004 sebesar US$ 1.54 milyar dengan pertumbuhan 18,5 % dari tahun 2003 sebesar US$ 1,30 milyar
Permintaan pasar telematika tahun 2005 diperkirakan akan mencapai US$ 1,75 milyar atau tumbuh 12,20 % (data dari International Data Corporation)
Belanja telematika tahun 2005 diperkirakan 78,2 % dialokasikan untuk perangkat keras, sedangkan porsi piranti lunak (dalam kemasan) dan layanan (services) masing-masing 7,1 % dan 14,7 %

Perilaku Pasar
Pasar dunia telematika kecenderungan minagkatnamun kemampuan industri dalam negeri masih sangat terbatas.
Pasar dalam negeri masih didominasi oleh produk impor.
Pasar piranti keras diperkirakan akan meningkat pesat antara lain :
v Peranti multifungsi ( gabungan printer, pemidai, faksimili, dan foto copy berbasis inkjet ).
v Peranti storage.
v Kamera digital.
v Server.
v Notebook.
• Untuk peranti lunak dan multimedia antara lain:
v Diperkirakan akan memperkenalkan berbagai solusi yang dikembangkan khusus
v unuk sektor tertentu seperti aplikasi untuk lembaga keuangan, manufacture telekomunikasi dan ritel.
o Paket untuk usaha kecil dan menengah (UKM) akan meningkat
o Produk animasi sebagian besar mengarah ke periklanan, untuk masa datang
v mengarah ke produk mobile game, Game online, Film Animasi,

Comments

Popular posts from this blog

BSN TETAPKAN 67 SNI BARU

THE MOSQUE OF TIANJIN - CHINA

LIST OF MANDATORY SNI - 2014