HASRAT UNTUK MENGUBAH DIRI

• Ketika aku masih muda serta bebas berfikir dengan khayalanku, Aku bermimpi untuk mengubah dunia
• Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku, Kudapati bahwa dunia tidak kunjung berubah,
• Maka cita-cita itupun kupersempit
• Dan kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku. Namun tampaknya itupun tiada hasilnya.
• Ketika usia senja mulai kujelang,
• Lewat upaya terakhir yang penuh keputusasaan, Kuputuskan untuk mengubah hanya keluargaku, orang-orang yang paling dekat denganku, namun alangkah terkejutnya aku, merekapun tak kunjung berubah!!!
• Dan kini, sementara berbaring di tempat tidur Menjelang kematianku, baru kusadari:
• “Andaikan yang pertama-tama ku ubah adalah diriku sendiri, maka lewat memberi contoh sebagai panutan,
• mungkin keluargaku bisa kuubah,
• dan berkat inspirasi dan dorongan mereka, kemudian aku menjadi mampu memperbaiki negeriku dan siapa tahu, bahkan aku juga bisa mengubah dunia”

• BERUBAH DARI DIRI SENDIRI
• Mulai dari : 4 S
 SAYA,
 SEKARANG,
 SEKECIL APAPUN
 SAMPAI KAPANPUN

Pada dasarnya setiap individu memiliki sifat kepemimpinan dan sekaligus kepengikutan, hanya perbedaannya adalah terletak pada bobot kepemimpinan atau kepengikutannya.
Sajak ini, disampaikan Prof Djamaludin Ancok dalam Training “ Kepemimpinan dan Manajemen Perubahan “ Yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Deperin di Bandung bulan Maret 2008 yang lalu.

Comments

Popular posts from this blog

BSN TETAPKAN 67 SNI BARU

THE MOSQUE OF TIANJIN - CHINA

LIST OF MANDATORY SNI - 2014