Mobil termurah jadi yang termahal


Rabu, 21 September 2011 05:27 WIB | Dilihat 1584 Kali

Tata Nano seperti ini didandani dengan taburan emas, berlian dan permata seharga rp47 miliar sehingga menjadi salah satu kendaraan termahal di dunia (Flickr/David Villarreal Fernandez)

Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan termurah di dunia, city car Tata Nano asal India (harga mulai rp28juta) bisa diubah jadi salah satu kendaraan paling mahal di planet ini.
Caranya? jejalkan saja perhiasan emas, permata, perak senilai 3 juta pound (sekitar Rp47 miliar) ke seluruh permukaan Nano.
Bos Tata Motors, Ratan Tata punya ide untuk mempromosikan produknya sekaligus merayakan 5 ribu tahun perdagangan permata di India.
Tata Motors mengatakan mereka telah menciptakan "kendaraan permata" yang pertama di dunia. Kendaraan itu dipamerkan di Mumbai, India.
Ada 30 seniman yang bertugas memasang perhiasan dengan berat total 80 kilogram terdiri dari emas 22 karat, 15 kilogram perak dan 10 ribu intan permata.
Saat diluncurkan pada tahun 2008, Tata Nano berhasil mengumpulkan 100 ribu calon pembeli. Pada April tahun ini Tata bisa menyalurkan 10 ribu unit namun pada Agustus hanya terkirim 1.200 unit.
Menurut pengamat, anjloknya penjualan Tata Nano karena masalah keamanan dan kebakaran. Para pembeli kendaraan itu kemudian ditawari perbaikan sistem kelistrikan dan aliran pembuangan.
Tata Motors beberapa waktu lalu membeli perusahaan otomotif Inggris, Jaguar Land Rover dan akan berinvestasi 355 juta pound untuk membangun pabrik mesin di Wolverhampton, Inggris.
(A038)

Comments

Popular posts from this blog

BSN TETAPKAN 67 SNI BARU

THE MOSQUE OF TIANJIN - CHINA

LIST OF MANDATORY SNI - 2014