PT PAL Optimistis Penuhi Kebutuhan Kapal Nasional

Written by andri rezeki
Friday, 08 July 2011 15:30
IPERINDO,mengutip berita dari jabar.tribunnews.com tertanggal 7 Juli 2011 - PT PAL Indonesia mengapresiasi langkah pemerintah dan DPR yang tetap menempatkan mereka sebagai industri strategis kebanggaan nasional dalam hal pengadaan dan pemenuhan kebutuhan kapal. PT PAL yakin, mereka akan mampu menjawab kepercayaan itu.

"Saya melihat potensi PAL mampu memenuhi kebutuhan kapal nasional baik kapal komersial maupun kapal perang, sehingga Indonesia sebagai negara maritim mampu menyediakan kapal-kapalnya sendiri tanpa ketergantungan pada bangsa lain" ujar Direktur Utama PT PAL Ir Harsusanto mengatakan dalam keterangan pers yang dikirimkan ke email Tribunnews.com, Rabu (6/7/2011) malam.

Seiring dengan kepercayaan itu, PT PAL pun baru saja mendapatkan suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Subsidiary Loan Agreement (SLA) senilai lebih kurang 2,1 Trilliun dari Pemerintah untuk "membayar" kepercayaan yang diberikan kepada mereka. Rinciannya Rp 648,3 milyar bersumber dari APBN P tahun anggaran 2011, Rp 1,39 trilliun berupa PMN Cash bersumber dari APBN tahun 2012, serta PMN sebesar Rp 193,7 milyar PMN cash bersumber dari APBN tahun 2012. Untuk SLA, PT PAL mendapatkannya dalam bentuk konversi hutang sebesar Rp 462 milyar.

Semua itu didapat mereka setelah Rapat Kerja Komisi VI yang dipimpin Ketuanya Ir Airlangga Hartarto dengan Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri BUMN, Mustafa Abubakar dan Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Armida Alisyahbana, hari Senin lalu (4/7) menyepakati penyehatan BUMN Strategis melalui pemberian PMN dan konversi SLA/RDI dari Bantuan Pemerintah Yang Belum Ditentukan Statusnya.

PT PAL, lanjut Harsusanto, menghargai kepercayaan berbalut kemauan politik (political will) untuk melakukan penyehatan BUMN Strategis khususnya mereka, dari pemerintah itu. "Saya mengharapkan, industri perkapalan indonesia yang besar ini dapat diwariskan ke generasi Indonesia di masa yang akan datang" kata Harsusanto.

Comments

Popular posts from this blog

BSN TETAPKAN 67 SNI BARU

THE MOSQUE OF TIANJIN - CHINA

LIST OF MANDATORY SNI - 2014